Artikel Hukum & Kriminal Sulut

Imigrasi Tahuna Pindahkan WNA asal Filipina ke Rudenim Manado

TAHUNA, TAGAR-NEWS.com – Satu orang Deteni (orang asing) dipindahkan pihak Imigrasi Kelas II TPI Tahuna ke Rumah Detensi Imigras Manado. Senin 27 Maret 2023.

Orang asing yang dipindahkan itu bernama Jose Seguerro Wuse, asal Filipina yang berprofesi sebagai nelayan.

Dalam pemindahan nelayan asal Filipina tersebut mendapat pengawalan langsung Kepala Seksi Intelejen dan Penindakan Keimigrasian, Wawan A. Mido dan Pemeriksa Keimigrasian Pemula, Berkah Widhiyanto.

Di Rudenim Manado, oleh Imigrasi Tahuna langsung diserahkan dan diterima Kepala Seksi Registrasi, Administrasi, dan Pelaporan Rumah Detensi Imigrasi Manado R. Dyka Lhaksana Putra, disaksikan Kepala Sub Seksi Registrasi A. Welmard Tahulending, Kasubsi Administrasi dan Pelaporan Junus Saturuma, serta Kepala Sub Seksi Keamanan Fekky Rompas.

Kasi Intelejen dan Penindakan, Wawan Mido mengatakan, orang asing yang diserahkan ini sementara akan ditampung di Rudenim untuk selanjutnya menunggu proses di pulangkan (deportasi).

“Sambil menunggu proses pendeportasian WNA asal Filipina ini sementara ditampung di Rudenim Manado,” katanya.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tahuna, Novly T.N Momongan, dikonfirmasi membenarkan penyerahan WNA tersebut.

“Sudah kami serahkan. Sambil menunggu proses pendeportasian orang asing ini ditempatkan di Rudenim Manado,” ujarnya singkat.

Seperti diketahui Rumah Detensi Imigrasi merupakan unit pelaksana teknis yang menjalankan fungsi keimigrasian sebagai tempat penampungan sementara bagi Orang Asing yang dikenai Tindakan Administratif Keimigrasian.

Adapun Tindakan Administratif Keimigrasian (TAK) adalah sanksi administratif yang ditetapkan Pejabat Imigrasi terhadap Orang Asing di luar proses peradilan. Selanjutnya Orang Asing tersebut ditampung sementara di rudenim yang disebut Deteni. Mereka ditempatkan di Rudenim setelah mendapatkan keputusan pendetensian dari Pejabat Imigrasi untuk menunggu proses pendeportasian.***

Editor: Helmi