Artikel Bolmong Sulut

Resmi Dilantik, Ketua Bawaslu Bolmong Beri Pesan Ke PKD

BOLMONG, TAGAR-NEWS.com — Bawaslu Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Panwaslu Kecamatan Se Kabupaten Bolmong melantik 198 Anggota Panitia Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) dalam persiapan menghadapi Pemilihan Serentak Tahun 2024.

Pelantikan dan pengambilan sumpah PKD berlangsung di Hotel Sutanraja Kotamobagu, Minggu, 02 Juni 2024

Pelantikan yang seharusnya diikuti 202 PKD, namun yang dilantik hanya 198 PKD, sebab terdapat 2 desa dari 2 kecamatan yang tidak ada pendaftarnya yakni Desa Inuai, Kecamatan Passi Barat dan Desa Kolingangaan, Kecamatan Bilalang.

Selanjutnya kepada 2 orang yang tidak sempat menghadiri pelantikan berasal dari Desa Nonapan 1 Kecamatan Poigar dan Desa Poyuyanan Kecamatan Passi Barat.

Pimpinan Panwas Kecamatan menjelaskan alasan ketidakhadiran kedua PKD tersebut bukan di sengaja sebab sesaat sebelum pelantikan, PKD Nonapan 1 tidak bisa hadir di karenakan kondisi orang tua yang sedang sakit dan tidak ada yang menjaga sehingga mengharuskan dia tidak dapat hadir dalam acara pelantikan.

Sementara itu, salah satu PKD di Desa Poyuyanan Kecamatan Passi Barat mengalami drop/sakit pasca melahirkan anaknya yang meninggal sehingga tidak sempat hadir dalam acara tersebut.

Setelah berkoordinasi dengan Kelompok Kerja (Pokja) Perekrutan PKD dijelaskan bahwa untuk 2 Desa yang kosong pendaftar akan berkoordinasi dengan Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara soal bagaimana teknisnya, dan kedua PKD yang tidak hadir dalam pelantikan akan di lantik di masing-masing kecamatan.

Pelantikan ini merupakan bagian dari tahapan persiapan yang dilakukan Bawaslu Kabupaten Bolmong untuk memastikan Pemilihan Serentak Tahun 2024 berjalan lancar dan sesuai dengan regulasi yang berlaku. Seluruh anggota PKD yang baru dilantik langsung menerima pembekalan mengenai tugas dan tanggung jawab mereka sebagai Pengawas Pemilu.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Ketua dan Anggota Bawaslu Bolmong, Radikal Mokodompit, SE, Akim E. Mokoagow, S.IP, Neila Montolalu, Amd.S Serta Kepala Sekretariat Wahyudi Rauf, S.Hut, dan jajaran staf teknis Bawaslu Bolmong.

Pelantikan ditandai dengan pengambilan sumpah dan janji jabatan oleh masing-masing Ketua Panwaslu Kecamatan Se-Bolmong secara bergilir, yang kemudian diikuti oleh seluruh anggota PKD di tiap-tiap Kecamatan.

Penjabat Bupati Bolmong, dr. Yusnan Mokoginta yang diwakili Asisten 1 Deker Rompas, dalam sambutannya menyampaikan PKD harus senantiasa mempertahankan keberhasilan tugas pengawasannya yang telah dijalankan di Pemilu kemarin, apalagi dalam menyambut tahapan Pemilihan yang memiliki tantangan yang berat.

Menjadi pengawas pemilu, menurutnya, memiliki konsekuensi besar sehingga para pengawas harus mampu bekerja secara maksimal dan memperhatikan tugas utama dalam pengawasan.

“Memaksimalkan Soliditas, menjaga Integritas, menguatkan Mentalitas dan memegang teguh Profesionalitas dalam melaksanakan pengawasan di Pemilihan Tahun 2024 ini,” ujarnya

Deker juga mengungkapkan pentingnya sinergitas dan kolaborasi dalam menjalankan tugas pengawasan.

“Kolaborasi dengan pemerintah, baik di tingkat kecamatan hingga kelurahan adalah hal yang sangat penting untuk dimaksimalkan.

Selain itu, sinergi dan kolaborasi dengan seluruh stakeholder menjadi ruang untuk membangun pengawasan partisipatif di tengah masyarakat. “Tetap jaga amanah dan tanggung jawab yang telah diamanahkan setelah pelaksanaan pelantikan hari ini,” pesan Deker.

Ia juga menekankan pentingnya menjaga  koordinasi yang menjadi langkah konkret untuk mengoptimalkan pengawasan, sebab pengawasan tidak hanya menjadi tugas penyelenggara saja, melainkan masyarakat juga berperan untuk ikut andil dalam melaksanakan hak ini.

Ketua Bawaslu Bolmong, Radikal Mokodompit, SE, menyampaikan pesan juga kepada PKD yang telah dilantik bahwa dinamika pelaksanaan pengawasan di Pemilu kemarin adalah pembelajaran. Hal-hal yang telah maksimal perlu dikuatkan, dan hal-hal yang masih kurang menjadi evaluasi bersama agar lebih bisa dioptimalkan.

“Pemilu telah memberikan kita pembelajaran yang berharga dalam pelaksanaan pengawasan kemarin. Optimalisasi pengawasan adalah kunci, apalagi Bolmong cukup banyak jumlah pemilihnya,” tukasnya

Untuk itu, tambah dia, kita mesti mengawal hak pilih masyarakat dan memaksimalkan pengawasan dalam setiap tahapan Pemilihan Serentak Tahun 2024 ini.

Dengan pelantikan ini, diharapkan para pengawas pemilu se – Bolmong mampu menjalankan tugas mereka dengan baik dan membantu menciptakan pemilihan yang berkualitas dan bermartabat demi terwujudnya pelaksanaan yang Luber Jurdil.

“Setelah pelantikan akan dilanjutkan dengan pembekalan untuk memberikan wawasan soal tugas pokok dan fungsi PKD dalam mengemban tugas tentunya,” tutupnya.

Sekadar informasi, undangan yang hadir pelantikan PKD, camat dari 15 Kecamatan Se – Bolmong, Kapolres Bolmong AKBP Arianto Salkery, Kapolsek dan Koramil, serta Afif Zuhri, SE selaku Ketua KPU Kab. Bolmong.**