Artikel Bolmong

Pj Bupati Jusnan Mokoginta Membuka Sosialisasi Pendampingan Hukum untuk Kepala Desa

BOLMONG, TAGAR-NEWS.com – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), dr Jusnan C Mokoginta, membuka kegiatan sosialisasi pendampingan hukum bagi Kepala Desa.

Kegiatan itu digelar di Ballroom Sutan Raja Hotel Kotamobagu, Rabu 10 Juli 2024.

Kegiatan yang digagas Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Indonesia (Apdesi) bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) tersebut, bertajuk “Bersama APDESI kita pererat tali silaturahmi”.

Ketua Apdesi Bolmong, Felix Rapar dalam kesempatannya menyampaikan, terima kasih kepada Pj Bupati Jusnan Mokoginta dan pihak Kejaksaan Negeri Kotamobagu, karena masih bisa menyempatkan waktu walupun berada di tengah kesibukan.

Selain itu ia berharap, agar silaturahmi ini akan terus terjalin serta sinergitas terus terbangun untuk kepentingan pembangunan kabupaten Bolmong.

“Kami berharap kolaborasi antara Pemkab, Kejaksaan Negeri dan Apdesi terus harmonis,” katanya..

Ditempat yang sama, Pj Bupati Bolmong Jusnan C Mokoginta dalam sambutannya mengatakan, era saat ini transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan menjadi syarat mutlak dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

Selain itu menurut Jusnan, siapapun yang membutuhkan untuk mengakses informasi mengenai APBDes wajib diberikan. Apalagi yang meminta data adalah Aparat Penegak Hukum (APH).

Tidak hanya itu lanjut Jusnan, Pemerintah desa harus selalu membangun kolaborasi dan berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam menjalankan roda pemerintahan desa agar berjalan dengan efektif dan efisien.

“Kepada para Sangadi, saya berpesan agar mengikuti sosialisasi ini dengan baik, sehingga dalam menjalankan roda pemerintahan desa, tidak tersandung masalah hukum,” tuturnya.

Pj Bupati Jusnan juga berharap, agar para sangadi harus terus menjaga hubungan baik dengan Forkopimda, dan Forkopimcam dalam menjalankan kebijakan pemerintahan yang bersih dan berintegritas.

Turut hadir Kejari Kotamobagu, Elwin A Khahar, Ketua Apdesi Bolmong, Felix Rapar, Kadis PMD Bolmong, Dandim 1303, unsur Forkopimda lainnya, serta 200 Kepala Desa (Sangadi) se- Bolmong.**