Advetorial Bolsel

Tim Kemendikbudristek Pilih Bolsel Sebagai Lokasi Pilot Project Praktik Baik Penguatan Karakter PPKSP

BOLSEL, TAGAR-NEWS.com – Kemendikbudristek-RI memilih Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), sebagai lokasi pilot project Praktik Baik Penguatan Karakter PPKSP (Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Satuan Pendidikan) tingkat Nasional.

Kunjungan tim Kemendikbudristek-RI yang dipimpin Humas Pusat Penguatan Karakter Taufik Dahlan, diterima Bupati H. Iskandar Kamaru SPt, MSi didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Rante Hattani SPd, MSi bersama jajaran.

Pertemuan berlangsung di ruang kerjan Bupati, kawasan perkantoran panango, Kecamatan Bolaang Uki, Kamis, 18 Juli 2024.

Kepada media, Kadis Rante menerangkan, bahwa Permendikbudristek No. 46 Tahun 2023, berfokus pada upaya menerapkan Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Satuan Pendidikan.

“Program ini yang kemudian, kami jabarkan dalam bentuk program dilingkungan pendidikan Kabupaten Bolsel,” ucap Kadis Pendidikan.

Selanjutnya, Pemkab Bolsel sesuai kewenangannya melakukan penguatan tata kelola dengan cara menyusun dan menetapkan Peraturan Kepala Daerah No. 62 tahun 2023 untuk mendukung Permendikbud tersebut.

“Untuk mempermudah pelaporan maka telah dikembangkan sistem pelaporan kekerasan melalui aplikasi SILARAS. Aplikasi ini dapat mempermudah pelaporan dan menjamin kerahasiaan identitas pelapor,” ungkap Hattani.

Sementara itu, Bupati Iskandar menyambut baik pemilihan Bolsel sebagai lokasi pilot project nasional Praktik Baik Penguatan Karakter PPKSP Kemendikbudristek-RI.

Dikatakannya, bahwa Pemda Bolsel melalui Dinas Dikbud dan Dinas PPPAKB secara terus-menerus telah melakukan sosialisasi Permendikbud No. 46 ini kepada seluruh satuan pendidikan yang ada di Bolsel.

“Alhamdulilah Pemda juga selalu mendapat dukungan dari Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Sulawesi Utara yang terus bersinergi dan memberikan pendampingan yang intens,” ujar orang nomor satu Bolsel ini saat berbincang dengan tim dari Kemendikbudristek.

Lanjutnya, Bupati menerangkan melalui dinas terkait, pihaknya terus berupaya mengatasi kasus Bullying dan mencegah terjadinya kekerasan dilingkungan pendidikan Bolsel.

“Mari kita ciptakan lingkungan pendidikan yang nyaman dan memberikan rasa aman bagi peserta didik dan pengajar,” pungkasnya

ADVERTORIAL