Advetorial Bolsel

Rakor Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Kabupaten Bolsel Tahun 2024

BOLSEL, TAGAR-NEWS.com – Seluruh stakeholder yang terkait dengan percepatan penurunan stunting di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) diminta rutin melaporkan kondisi sebenarnya di lapangan baik pada penanganan anak stunting, pencegahan pada ibu hamil dan pada calon pengantin, apa saja kegiatan intervensinya serta sejauh mana upaya kampanye dan sosialisasi yang telah dilakukan.

Inilah salah satu penegasan Bupati H. Iskandar Kamaru SPt, MSi saat memberikan arahan pada giat Rapat Koordinasi (Rakor) Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Kabupaten Bolsel Tahun 2024 yang digelar di Lapangan Futsal Kawasan Perkantoran Panango Kec. Bolaang Uki, Kamis 22 Agustus 2024.

Selain itu, ada tiga hal yang menjadi penekanan dari orang nomor satu Bolsel tersebut di antaranya yaitu tentang masih tingginya prevalensi stunting di Bolsel berdasarkan data Survey Kesehatan Indonesia (SKI) tahun 2023.

“Untuk meminimalisir ini, saya minta TPPS (Tim Percepatan Penurunan Stunting) Bolsel untuk jangan pernah lengah, intervensi program dan kegiatan penurunan angka stunting harus tetap dijalankan secara masif, terukur dan berkelanjutan sampai kepada kelompok terkecil dalam masyarakat,” tegas top eksekutif itu.

Sementara, dua hal lain yang diminta Bupati yaitu keterlibatan banyak pihak dalam penanganan stunting yang harus diperkuat dengan sebuah komitmen bersama. Kemudian, harus tersedianya pemetaan cakupan layanan secara valid dan terus berinovasi dalam melakukan pelayanan sehingga dapat menjadi dasar perbaikan intervensi percepatan penurunan stunting ke depannya.

“Saya minta semua pihak yang mengikuti forum ini untuk menyamakan persepsi, membuat rencana kerja serta rencana aksi yang lebih cepat dan terukur agar target “Bolsel Zero Stunting” dapat tercapai. Karena itu, saya berharap peran TPPS harus lebih nyata, jalankan program dan kegiatan secara konvergensi, berkesinambungan dan tepat sasaran,” tandas pemimpin pilihan rakyat ini.

Hadir dalam kegiatan, Ketua TP-PKK Ny. Hj. Selpian Kamaru-Manoppo, Sekda M. Arvan Ohy SSTP, MAP bersama para Asisten Sekda, para pejabat tinggi pratama Pemda serta seluruh jajaran TPPS Kab. Bolsel.

ADVERTORIAL