Artikel Kotamobagu Sulut

Diikuti Peserta se Bolaang Mongondow Raya, Festival Kabela Tahun 2024 Resmi Dibuka

KOTAMOBAGU, TAGAR-NEWS.com – Gelaran Festival Kabela Tahun 2024 di Kotamobagu, Sulawesi Utara resmi dibuka.

Pembukaan acara yang dilaksanakan Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XVII, Wilayah Kerja Sulawesi Utara dan Gorontalo ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, ditandai dengan pemukulan Gong. Sabtu, 31 Agustus 2024.

Festival Kabela Kabela ini diikuti para peserta berasal dari Kabupaten / Kota diwilayah Bolaang Mongondow Raya.

Atas nama pribadi Pemerintah Daerah dan atas nama Masyarakat di kota kotamobagu, Sofyan Mokoginta mewakili penjabat wali kota Kotamobagu, Abdullah Mokoginta, menyampaikan Apresiasi yang Setinggi-tingginya disertai ucapan Terima Kasih yang sebesar-besarnya kepada Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XVII, Wilayah Kerja Sulawesi Utara dan Gorontalo, yang melaksanakan Festival Kabela Tahun 2024 di Kota Kotamobagu.

“Bagi Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu, kegiatan Festival Kabela Tahun 2024 ini, merupakan sebuah wujud nyata akan komitmen kita bersama dalam upaya untuk melestarikan kekayaan Seni dan Budaya. Saya berharap kegiatan Festival Kabela ini dapat menjadi Wadah bagi para Seniman dan Budayawan untuk menampilkan Kreatifitas yang dimiliki,” ujarnya saat membacakan sambutan Pj wali kota Kotamobagu.

“Dapat juga saya sampaikan dalam kesempatan ini bahwa, pada beberapa waktu yang lalu, Pemerintah Daerah Kota Kotamobagu juga telah melaksanakan Launching Inovasi Si Media Kreasi, atau Strategi Pengembangan Pariwisata Melalui Penyediaan Ruang Kreatifitas dan Seni, yang merupakan bagian dari upaya untuk menyediakan ruang untuk menampilkan Karya dan Kreatifitas Seni,” imbuh Sofyan.

Hadir pada acara tersebut Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah XVII Sulawesi dan Gorontalo, Sri Sugiharta, Perwakilan Forkopimda, para pejabat dilingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten / Kota se – Bolaang Mongondow Raya, para Pimpinan Instansi Vertikal, Budayawan dan Seniman, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat serta para Peserta Festival Kabela Tahun  2024.

 

(*)