Advetorial Bolsel

Pemkab Bolsel Terima Bantuan Bencana Dari BPMP Provinsi Sulut

BOLSEL, TAGAR-NEWS.com – Pemerintah Kabupaten Bolsel melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) menerima bantuan bencana dari Badan Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Sulut.

Penyerahan bantuan berlangsung di Kantor Disdikbud Bolsel, Kamis 5 September 2024.

Bantuan tersebut berupa ATK dan tenda yang nantinya akan diserahkan kepada 15 Sekolah Terdampak Banjir di Kabupaten Bolsel.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Kepala BPMP Sulut yang diwakili Oleh Kasubag TU Dani Punu, SH, MH, kepada Kepsek SD Negeri Mataindo, Kepsek SD Negeri Torosik dan Kepsek SMP Negeri Kombot.

Bupati Bolsel yang diwakili Asisten I Setda Bolsel Alsafri Kadullah mengatakan, dalam kurun waktu dua bulan terakhir Bolsel memang diterjang banjir sebanyak 3 kali, masing masing pada awal Juli ,pertengahan Juli dan pada bulan Agustus.

Banjir terparah di Kecamatan Pinolosian, Pinolosian Tengah dan Timur, kemudian sebagian Bolaang Uki dan Posigadan

“Dibawah pimpinan Bupati kami turun langsung, membenahi rumah rumah dan sejumlah sekolah terdampak banjir, banyak perabot dan ATK tidak bisa digunakan lagi. Contoh SMP kombot, SDN Tobayagan, SDN Mataindo dan SDN Torosik,” ujar Kadullah.

Menurutnya, beberapa waktu lalu Bolsel mendapatkan bantuan dari beberapa Pemda di Sulut dan Gorontalo, namun kebanyakan dalam bentuk Natura bukan alat kebutuhan sekolah. Sebab itu, ia mengaku bersyukur mendapatkan bantuan dari BPMP.

“Khusus untuk bantuan Tenda 1 unit, kami menyarankan Dinas Pendidikan, untuk menyimpannya di Dinas, sehingga jika terjadi banjir, tenda ini bisa digunakan untuk proses kegiatan belajar mengajar siswa,” ujarnya.

Selain itu, ia juga menyarankan Dinas pendidikan untuk tidak meminjamkan tenda ini selain untuk kepentingan Dinas Pendidikan.

Sementara itu, Kepala BPMP yang diwakili Kasubag TU BPMP Provinsi, Donny Punu, SH, MH menyampaikan, bahwa bantuan yang diberikan berupa perlengkapan alat tulis kantor dan dikhususkan bagi para peserta didik yang terkena dampak.

Ia juga menambahkan bahwa Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bolsel merupakan dinas yang proaktif dalam meningkatkan mutu pendidikan, sehingga banyak prestasi yang diraih.

“Tentu kami berharap, bisa memberikan manfaat bagi penerima,” ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Bolsel Rante Hattani, S.Pd, M.Pd melalui Sekretaris Dinas Delfian Thanta mengungkapkan, dari hasil asessment Dinas Pendidikan, memang terdapat 15 sekolah terdampak banjir parah.

15 sekolah itu kebanyakan berada di wilayah kecamatan Pinolosian Tengah dan Timur, nantinya kata dia, bantuan akan disalurkan langsung oleh Dinas Pendidikan ke sekolah sekolah terdampak.

Ia berharap bantuan ini dapat digunakan dengan baik oleh pihak sekolah dan peserta didik dalam penyelenggaraan pendidikan di Bolsel.

Turut Hadir dalam kegiatan ini Asisten III Muh Sudja Alamri,S.Pd, Staf Ahli Bupati Arsad Gobel,SH, Stevi Mononimbar,S.Pd,M.Pd, Sekretaris Dikbud Delfian Thanta, Kabid PAUD Irma Paputungan,S.Pd serta Kepala Sekolah penerima dan sejumlah staf Diknas Bolsel.

ADVERTORIAL