Artikel Kotamobagu Sulut

Pilkada Serentak 2024, KPU Kotamobagu Lakukan Coklit ke Ketua Bawaslu 

KOTAMOBAGU, TAGAR-NEWS.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu, mengerahkan petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih pada pemilihan kepala daerah serentak 2024.

Coklit ini dilakukan serentak seluruh Indonesia selama 1 bulan dimulai pada 24 Juni sampai 24 Juli 2024. Di Kota Kotamobagu, KPU menurunkan petugasnya di empat wilayah, yakni kecamatan Kotamobagu barat, selatan, Timur dan Utara.

Kadiv Teknis penyelenggaraan KPU kotamobagu, Ivan B. Tandayu pantau coklit ke ketua Bawaslu. Foto: Cyp/Tagar-news.com

Di kecamatan Kotamobagu Utara, KPU mengawalinya dengan melaksanakan pencocokan dan penelitian (Coklit) kepada Ketua Bawaslu Kotamobagu, Yunita Mokodompit, S.Sos di kediamannya yang berada di kelurahan Genggulang.

Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Kotamobagu, Ivan Benhard Tandayu, mengatakan pihaknya melalui petugas Pantarlih pada hari melaksanakan pencocokan dan penelitian (coklit) pada masyarakat di Kotamobagu yang memenuhi syarat sebagaimana pemilih yang terdaftar pada KPU Kotamobagu.

“Kami pada hari ini bersama Kadiv Hukum melihat langsung teman-teman Pantarlih melakukan proses pencoklitan di kediaman ketua Bawaslu Kotamobagu. Untuk pelaksanaannya sudah sesuai prosedur dan mekanismenya,” katanya Senin, 24 Juni 2024

Untuk lokasi pencoklitan, Ivan menambahkan dilakukan serentak diseluruh titik di 33 desa dan kelurahan dan ini dilakukan sesuai jadwal selama sebulan.

Pemasangan stiker oleh petugas Pantarlih di kediaman Ketua Bawaslu Kotamobagu. Foto: Cyp/Tagar-news.com

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kotamobagu, Yunita Mokodompit, S.Sos, usai menerima petugas Pantarlih mengatakan terkait dengan pelantikan Pantarlih pada hari ini dan hari pertama pelaksanaan coklit untuk pilkada serentak 2024, Bawaslu Kotamobagu telah menggelar apel siaga pengawasan untuk pengawasan tahapan pemutahiran data pemilih dalam hal ini adalah coklit dimulai pada 24 Juni sampai 24 Juli 2024 nanti.

“Tentunya harapan kami dari Bawaslu sendiri proses coklit ini bisa berjalan dengan semestinya dan tentunya masyarakat yang sudah memiliki hak pilih dapat di data dan terdaftar pada pemilihan serentak 2024. Dan prosesnya juga harus sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku,” tandasnya.

Selain kepada Ketua Bawaslu Kotamobagu, Petugas Pantarlih juga melakukan pencocokan dan penelitian (Coklit) kepada Ketua Sinode GMIM Fekky Kamasaan, M.Th yang berada di kelurahan Biga kecamatan Kotamobagu Utara, Sulawesi Utara (Sulut).

 

(Hel)